Denpasar (ANTARA News) - Festival Denpasar menampilkan berbagai potensi dimiliki kota tersebut di antaranya seni budaya, kerajinan tangan maupun kuliner tradisional menjadi ajang promosi pariwisata. "Kegiatan yang akan berlangsung 28 hingga 31 Desember 2009 ini mengangkat tema `Meraih Gemilangnya Hari Esok` adalah ajang promosi pariwisata, sekaligus acara Melepas Matahari 2009," kata Asisten II Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, dalam festival yang akan digelar di sepanjang Jalan Gajah Mada dan depan Pura Jagat Natha itu akan menampilkan berbagai potensi, antara lain seni budaya, pameran holtikultura dan kuliner.

Eddy Mulya mengatakan, lokasi festival tersebut akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu paling barat pameran industri, perdagangan, seni dan budaya serta di depan kantor wali kota untuk kuliner tradisional.

"Sedangkan untuk pameran holtikultura dipusatkan di depan Pura Agung Jagat Natha dengan menampilkan 67 stan dari sejumlah daerah di Indonesia," ucapnya.

You may not consider everything you just read to be crucial information about tech. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan menjadi acara tahunan sehingga menarik wisatawan domestik dan mancanegara datang ke Kota Denpasar untuk mengisi liburan panjang hari raya Natal dan Tahun Baru 2010.

Dikatakan, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan acara pelepasan matahari 2009 yang akan dipusatkan di perempatan Patung Catur Muka dengan menampilkan berbagai kesenian Kota Denpasar.

Kadek Suardana dari Art Foundation, selaku pengarah acara Melepas Matahari 2009 mengatakan, pada kegiatan tersebut akan menampilkan sedikitnya 3.000 seniman Kota Denpasar.

"Acara pelepasan matahari itu berlangsung mulai 30-31 Desember 2009 dengan berbagai kesenian tradisional dan modern serta perlombaan yang menarik," katanya.

Ia mengatakan, kesenian tradisional yang akan ditampilkan meliputi kesenian wayang wong, pagelaran seni sendratari, parade drum band anak-anak SD hingga SMP serta diskusi penggalian dan pengembangan kesenian di Kota Denpasar.

"Untuk acara malam pergantian tahun dipusatkan di Lapangan Puputan Badung Denpasar akan dipentaskan gamelan Bleganjur," katanya.(*)