Makassar (ANTARA News) - Pameran Foto ANTARA yang diselenggarakan sejak 20 November 2009 berlangsung sukses hingga penutupan bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1430 Hijriah di Makassar, Jumat. Pameran yang menggambarkan "suara rakyat suara Tuhan" yang digelar Perum LKBN ANTARA selama seminggu telah mampu menyedot perhatian ratusan pengunjung Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar.

"Animo pengunjung cukup besar selama pameran ini berlangsung. Bahkan foto-foto yang menggambarkan proses demokrasi di Indonesia ini telah mengundang perhatian pejabat maupun orang-orang penting di daerah ini," kata penanggung jawab stan pameran foto LKBN ANTARA, Adnan pada acara penutupan itu.

Menurut dia, dari sekitar 40 foto yang dipajang di atrium MaRI lantai dasar, perhatian pengunjung banyak yang tertuju pada foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla yang menggambarkan proses demokrasi yang berjalan di masa Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu.

Wakil Presiden RI periode 2004-2009 mengunjungi pameran foto jurnalistik nasional milik Perum LKBN ANTARA itu pada hari ke-5 pelaksanaan kegiatan tersebut.

Jusuf Kalla yang mengenakan baju motif berwarna biru mengamati sejumlah foto dirinya di antara 40 foto yang dipamerkan di atrium mal Ratu Indah yang berlangsung 20-27 November 2009.

If your tech facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important tech information slip by you.

Salah satu foto Jusuf Kalla yang cukup lama ia amati adalah karya fotografer ANTARA, Saptono yang menggambarkan persiapan kampanye bersama pasangannya Wiranto saat Pemilu Presiden 2009 dan salah seorang cucunya.

Perhatian pengunjung bukan hanya berasal dari kalangan pribumi maupun orang ternama di negeri ini saja, warga berkebangsaan Amerika pun sempat memuji foto-foto hasil karya fotografer ANTARA yang dipamerkan di Mal Ratu Indah Makassar itu.

Menurut pemegang proyek peningkatan mutu pendidikan dasar USAID Amerika, David , foto-foto yang dipamerkan tampak hidup seperti lukisan. "Foto-foto di pameran ini membuat situasi menjadi dahsyat, seperti lukisan, hidup sekali," katanya

Menurutnya, foto-foto yang dipamerkan tersebut mempunyai daya tarik tersendiri sehingga mampu membuat pengunjung mal, seperti dirinya, berhenti dan menyimak satu potret perjalanan demokrasi langsung di Indonesia.

Pameran foto yang digelar 20 - 27 November 2009 merupakan salah satu program dari roadshow (safari) jajaran Perum LKBN ANTARA di Kota Makassar. Safari di kota keempat yang dikunjungi ini setelah acara serupa digelar di tiga kota lainnya yakni Jakarta, Surabaya dan Medan.

Sedang dua kota lainnya yang juga menggelar kegiatan serupa adalah Denpasar dan Yogyakarta. Kegiatan safari di enam kota besar ini dalam rangka memperingati HUT LKBN ANTARA ke-72 yang jatuh pada 13 Desember 2009.(*)