Makassar (ANTARA News) - Walikota Makassar Ilham Arief sirajuddin berencana akan membangun masjid yang juga berfungsi sebagai lokasi wisata di kawasan Pantai Losari. Ilham mengungkapkan hal tersebut saat melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua DPR RI Anis Matta di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, pembangunan masjid yang rencananya dijadikan ikon Kota Makassar tersebut akan menelan anggaran sekitar Rp9 miliar, terbagi atas biaya pondasi Rp3 miliar dan bangunan atas Rp6 miliar.

"Masjid ini masjid urban, tidak berbasis wilayah. Jadi banyak orang yang akan berkunjung. Bisa menampung sekitar dua ribu orang," ujarnya.

Ia menambahkan, anggaran yang ada saat ini berjumlah Rp500 juta yang berasal dari sumbangan warga dan dermawan. Anggaran pembangunan masjid tersebut, tidak dimasukkan dalam APBN.

You can see that there's practical value in learning more about tech. Can you think of ways to apply what's been covered so far?

Menurutnya, proyek itu sengaja diproyeksikan ke Anis Matta, dengan harapan agar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dapat menghubungkan dengan jaringan donatur di Arab Saudi.

Selain rencanan pembangunan masjid, Ilham dan Anis juga membicarakan perkembangan sejumlah proyek infrastruktur yang dibiayai APBN di Makassar.

Kata Ilham, pembicaraan tersebut antara lain mengenai proyek revitalisasi Pantai Losari yang masih membutuhkan anggaran Rp60 miliar serta proyek jalan lingkar tengah dan beberapa infrastruktur lain yang membutuhkan anggaran total Rp250 miliar.

"Saya meminta Pak Anis meneruskan ke pemerintah pusat agar proyek-proyek ini dibiayai sesegera mungkin," katanya.

Ilham menambahkan, jalan lingkar tengah di Makassar dapat menjadi jalan alternatif bagi pengendara kendaraan bermotor, ketika ada kelompok mahasiswa yang melakukan unjukrasa di Jl. Urip Sumoharjo dan Jl. Perintis Kemerdekaan.(*)