Jakarta (ANTARA News) - Televisi saluran AXN ingin menularkan demam dansa ke Asia dengan menayangkan dua program reality show, masing-masing berjudul So You Think You Can Dance musim keenam dan AXN Dance Off, mulai 25 Januari 2010. Dalam siaran persnya yang diterima ANTARA, Selasa, disebutkan bahwa So You Think You Can Dance adalah program reality show kompetisi untuk mencari pedansa favorit di Amerika, yang diciptakan dan diproduseri oleh tokoh di balik kesuksesan American Idol: Simon Fuller dan Nigel Lythgoe.

Tayangan produksi 19 Entertainment dan Dick Clark Productions itu sukses di Amerika dan telah memenangkan enam Emmy Awards, empat di antaranya untuk kategori Koreografi Terbaik.

Para kontestan berasal dari berbagai aliran dan latar belakang, mulai pedansa amatir, "street dancer" tak dikenal, hingga juara lomba lokal.

Mereka yang masuk babak penyisihan tidak hanya yang mahir di alirannya melainkan juga mampu menunjukkan kemampuan di segala bidang dengan melakukan dansa berbagai jenis termasuk Quickstep, Jazz dan Salsa, Hip-Hop, Krumping dan Popping.

Pada musim keenam ini, terdapat sejumlah kontestan yang unik, sebut saja Jessica Jensen, remaja usia 25 tahun yang hanya memiliki satu tangan (satu tangannya diamputasi karena digerogoti sejenis kanker langka pada bagian telapak).

Kemudian, Allison Becker yang mengidap kelainan pendengaran akibat terserang meningitis saat berusia 16 bulan (sejak itu ia tuli tetapi dapat merasakan musik dan bahkan berdansa dengan diiringi musik.

Selain itu ada Iveta Lukosiute, "ballroom dancer" yang datang dari Lithuania untuk mencoba peruntungan, Willem de Vries dan Jacob Jason, pasangan "ballroom dancer" sesama jenis yang ingin membuktikan bahwa pasangan sesama jenis bisa eksis di dunia dansa.

Sebanyak 20 finalis akan diuji berdansa secara berpasangan, masing-masing pasangan ditantang untuk menguasai gaya yang berada di informasi beasiswa luar negeri zona kenyamanannya.

Koreografer selebriti seperti Tyce Diorio dan Mia Michaels yang pernah mendapatkan penghargaan Emmy untuk kategori Koreografi Terbaik/Outstanding Choreography pada 2009 dan 2007, menjadi koreografer untuk kompetisi ini.

"AXN optimis acara ini akan diterima publik di Asia," kata Ricky Ow, Vice President dan General Managers Sony Pictures Entertainment Networks Asia (SPENA) yang mengoprasikan AXN, Animax, AXN-Beyond dan Sony Entertainment Television.

Menurut dia , daya pikat utama So You Think You Can Dance terletak pada koreografi yang gemilang, antusias penonton yang melihat bakat para kontestan, dan pedansa tidak terkenal yang memiliki hasrat tinggi untuk berkembang menjadi seorang profesional di bidangnya.

"Penonton langsung dapat menghayati dan menikmati perjalanan para kontestan dan menjagokan dancer favorit mereka, dan pada saat yang sama belajar mengapresiasi keindahan berbagai bentuk dansa" katanya.

Now that we've covered those aspects of tech, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

Juri kompetisi So You Think You Can Dance terdiri atas tiga tokoh terkenal, yakni Adam Shankman, Mary Murphy (mantan penari yang menjuarai berbagai kompetisi, koreografer, pemeran pengganti selebriti dalam adegan-adegan dansa), dan Nigel Lythgoe (salah seorang kreator acara ini, mantan penari, koreografer, sutradara dan produser acara televisi termasuk American Idol dan Pop Idol).

Adam Shankman, yang juga dikenal sebagai raja komedi dan pembuat film, menyatakan So You Think You Can Dance adalah salah satu hal terpenting di bidang seni dalam satu dekade terakhir ini.

"Para kontestan menantang diri mereka sendiri dan sangat menyenangkan bagi para penonton untuk melihat betapa hebatnya kemampuan mereka. Sebagai pembuat film, ini merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bisa menunjukkan apresasi kepada para koreografer dan dancer," kata Adam di blog pribadinya.

Adam adalah produser-sutradara-koreografer berusia 45 tahun yang pertama kali masuk ke industri entertainment sebagai koreografer. Ia adalah tokoh yang berada di balik kesuksesan film Hairspray (sebagai koreografer), The Wedding Planner (sebagai sutradara), Step Up dan Step Up 2 (sebagai produser), juga di film-17 Again yang dibintangi Zac Efron.

Ia juga koreografer proyek filmnya sendiri, di antaranya

"The Adams Family", "Casper", "Inspector Gadget", "Anastasia",

"George of the Jungle", "Boogie Nights", "Miami Rhapsody", dan "The Flintstones". Sampai saat ini seluruh filmnya menghasilkan pendapatan kotor lebih dari satu milyar dolar AS.

So You Think You Can Dance juga menampilkan bintang tamu istimewa seperti Shakira, Snoop Dog, American Idol Kris Allen dan runner-upnya, Adam Lambert, Leona Lewis, Mary J. Blige dan Jennifer Lopez.

Untuk melengkapi musim ?demam dance? ini, AXN membuat program AXN Dance Off, ajang pencarian pedansa paling berbakat di Asia yang memerebutkan tiga posisi pemenang.

Ketiga pemenang itu akan mendapatkan kesempatan mempertontonkan kebolehan mereka melakukan gerak tubuh mengikuti medley musik hip hop, pop dan latin di saluran TV AXN, yang disaksikan oleh 85 juta rumah tangga di 23 negara di Asia.

"Selain itu, pemenang akan mendapatkan kesempatan langka dan eksklusif untuk mengikuti sesi workshop dengan koreografer selebriti ternama Brian "Footwork" Green, pedansa dan koreografer asal Amerika yang berpengalaman menangani komposisi dansa untuk sejumlah selebriti seperti Mariah Carey, Gwen Stefani, Fergie dan Missy Eliott," kata Ricky.

"Tidak hanya itu, para pemenang bisa mengajak seorang teman untuk ikut serta berjalan-jalan dan member dukungan di Singapura," tambahnya.

Informasi lengkap untuk mengikuti kompetisi So You Think You Can Dance akan diumumkan di website www.axn-asia.com mulai 25 Januari 2010. Peminat harus membuat video audisi dance untuk dikirimkan melalui e-mail atau YouSendIt.

So You Think You Can Dance Musim ke-6 dijadwalkan tayang setiap Senin pukul 20.00 WIB, mulai 25 Januari 2010.(*)