Jakarta, (ANTARA News) - Sutradara Garin Nugroho mengatakan dirinya akan "cuti" sementara untuk membuat film di tahun 2010. "Saya cuti dulu pada tahun informasi beasiswa gratis 2010 ini," kata Garin Nugroho kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Garin menjelaskan, sepanjang tahun informasi beasiswa gratis 2010 dirinya akan fokus kepada pementasan teater yang diadaptasi dari film musikal Opera Jawa yang disutradarainya.

"Saya fokus dulu kepada beberapa pementasan teater yang diadaptasi dari Opera Jawa," katanya.

Pentas teater tersebut akan berlangsung di beberapa negara diantaranya Paris dan Swiss.

Think about what you've read so far. Does it reinforce what you already know about tech? Or was there something completely new? What about the remaining paragraphs?

"Film Opera Jawa telah memperoleh sejumlah penghargaan untuk tata musik terbaik. Teater ini juga cukup kaya akan musik dan tari," katanya.

Ia melanjutkan pada tahun 2011, dia akan kembali menyutradarai film Indonesia. Namun demikian ia belum dapat memberikan bocoran mengenai film apa yang akan ia garap tersebut.

"Pada 2011 saya akan kembali membuat film Indonesia," katanya.

Dirinya juga akan membuka kesempatan lebar untuk bekerjasama dengan para pelaku film yang selama ini belum diberi ruang untuk menunjukkan kemampuannya dalam membuat film.

"Banyak generasi berita terbaru yang punya kemampuan untuk membuat film, dan saya akan memberikan ruang untuk mereka," katanya.(*)