New York (ANTARA News) - Upaya penyaluran bantuan kepada para korban gempa bumi di Haiti akan menjadi salah satu episode dalam kontes menyanyi prestisius "American Idol" yang ditayangkan stasiun televisi AS, Fox. Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Jumat, menyatakan Yayasan PBB sedang menjalin kerjasama dengan manajemen "American Idol" untuk membantu jutaan warga Haitiyang menjadi korban gempa.

Yayasan yang dibentuk raja media Amerika, Ted Turner, itu akan mendatangkan pemenang "American Idol" tahun lalu, Kris Allen, ke Haiti.

Dalam tayangan pada 25 Februari mendatang, Allen akan membawakan beberapa lagu andalannya, serta berbagi cerita cerita dewasa mengenai kunjungannya di Haiti.

Allen, penyanyi berusia 24 tahun yang juga dikenal sebagai musisi dan pencipta lagu, dijadwalkan berangkat ke Haiti pada Sabtu malam waktu setempat (Minggu pagi WIB, 21/2).

Knowledge can give you a real advantage. To make sure you're fully informed about tech, keep reading.

Di sana dia akan bertemu dengan para staf PBB di lapangan dan langsung meninjau para korban gempa berkekuatan 7 skala Richter yang telah memporakporandakan Haiti dan menewaskan setidaknya 200.000 orang itu, termasuk puluhan anggota staf PBB.

Gempa bumi juga menyebabkan 300 ribu orang luka-luka dan membuat satu juta warga Haiti kehilangan tempat tinggal.

Kris Allen, penyanyi beraliran pop-rock, adalah pemenang kompetisi "American Idol" musim kedelapan yang dalam final 20 Mei 2009 mengalahkan Adam Lambert.

Pasca kemenangannya di "American Idol", pada November 2009 dia mengeluarkan album di bawah perusahan rekaman Jive Records.

Dua lagu dari album itu, "No Boundaries" dan "Heartless", masuk daftar Top 20 versi Billboard Hot 100. (*)
K-TNY/AR09