Jakarta (ANTARA News) - "Harimau baham Garuda" (Harimau Terkam Garuda), demikian judul harian "Utusan Malaysia" edisi online, sesaat setelah timnas Indonesia kalah 0-3 dari Malaysia pada laga pertama final Piala AFF di Stadium Nasional Bukit Jalil, Malaysia. Sementara Kantor Berita "Bernama" mewartakan, Malaysia akan bertandang ke Jakarta dengan sangat nyaman setelah mengalahkan Indonseia 3-0 pada laga pertama final Piala AFF di Stadium Nasional Bukit Jalil, Minggu malam.

"Berita Harian" edisi online menurunkan judul berita "Giliran kita pula ganyang" (Giliran Kita yang Mengganyang). Edisi online harian itu melaporkan, "Episode malam tadi lebih terarah kepada cerita sang Garuda bagai patah sayap dan pulang dengan mimpi ngeri ketika Harimau Malaya mengganas di Stadium Nasional."

"Berita Harian" yakin Malaysia akan meraih trofi juara AFF meski harus bertanding 90 menit lagi di Jakarta nanti.

Pada "lead"-nya, "Utusan Malaysia" mengulas, "Dendam terbalas! Garuda tersungkur ke bumi diterkam Harimau Malaya. Nampaknya reputasi Indonesia omong kosong belaka, karena anak-anak buah K. Rajagobal memastikan pendukung Malaysia berpesta di Stadium Nasional Bukit Jalil dengan kemenangan cukup menyakinkan 3-0."

Koran ini juga mengatakan luka kekalahan 1-5 di Jakarta telah terobati dengan kemenangan berharga tersebut dan Malaysia kini berpeluang besar merebut trofi Piala Suzuki AFF untuk pertama kali.

The best time to learn about mobil keluarga ideal terbaik indonesia is before you're in the thick of things. Wise readers will keep reading to earn some valuable mobil keluarga ideal terbaik indonesia experience while it's still free.

"Utusan Malaysia" melaporkan, Safee Sali layak disanjung sebagai pahlawan Malaysia karena dua golnya pada menit 59 dan 71 yang memastikan Malaysia membuat Indonesia pulang kampung dengan penuh kekecewaan.

Media ini menyebut kunci kemenangan Malaysia adalah saat pelatih Rajagobal memasukkan Ashari untuk menggantikan Mohd. Amirulhadi Zainal di babak kedua.

Ashari, sebut Utusan Malaysia, membuat sayap kiri Malaysia menjadi bertenaga dan membuat benteng Indonesia kocar-kacir.

"Utusan Malaysia" menyebut gol pertama Malaysia adalah hasil kecerdikan Norshahrul Idlan Talaha karena antisipasi keliru dari Maman Abdurachman di sektor kanan, sementara Safee menunggu tak terkawal sehingga gol pun tercipta.

Konsentrasi Garuda, sebut "Utusan Malaysia", buyar setelah gol pertama Malaysia itu dan kesempatan tersebut dimanfaatkan Ashari untuk menciptakan gol kedua pada menit 67 untuk menaklukan Markus.

Setelah gol ketiga dari tandukan Safee pada menit 71, Indonesia semakin lunglai, sebaliknya Malaysia semakin menggila, kata "Utusan Malaysia."

Kemenangan ini, sebut harian itu, membuat Harimau Malaya --sebutan kesayangan masyarakat Malaysia untuk timnasnya-- tinggal selangkah meraih Piala AFF. (*)

ANT/AR09