Makassar (ANTARA News) - Festival musik Speedytrek Indienation 2010 yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia berhasil menjaring 1049 lagu dari tujuh kota besar di Indonesia. "Ajang festival ini berbeda karena menerima seluruh jenis musik dan seluruh peserta boleh mengapresiasikan musiknya," kata salah satu penyelenggara kegiatan Bonny di Makassar, Minggu.

Penjaringan peserta telah dilakukan sejak Agustus 2010 melalui penjurian yang dilakukan oleh musisi, jurnalis musik dan produser ternama di Indonesia seperti Ahmad Dani dari Republik Cinta Management serta dukungan melalui situs dan pesan singkat.

Menurutnya, para peserta yang menjadi juara dalam festival ini akan terus dikembangkan dengan membuatkan satu album khusus juara pertama dan album kompilasi bagi peserta yang berhasil masuk final di tingkat nasional.

See how much you can learn about mobil keluarga ideal terbaik indonesia when you take a little time to read a well-researched article? Don't miss out on the rest of this great information.

"Kita sengaja memilih grup musik luar negeri sebagai bintang tamu yaitu Rufio pada final regional di empat kota di Indonesia agar dapat memacu band-band di Indonesia lebih baik dalam berkarya dan tampil di atas panggung," tambahnya.

Band bintang tamu asal California, Amerika Serikat tersebut akan tampil di ujung penampilan akhir 10 finalis band yang akan mewakili regional Makassar pada final di Jakarta.

Sebelumnya, penjaringan peserta dilakukan dengan penndaftaran dan menggunggah karya musiknya melalui situs Speedytrek.telkomspeedy.com.

Kesepuluh pemenang yang menjadi finalis dalam festival ini juga akan memperoleh hadiah senilai puluhan juta rupiah selain karyanya dikompilasikan dalam album kompilasi "Brotherhood of Melody Vol 2".

Pada kompetisi pertamanya tahun lalu, festival ini berhasil menjaring 700 lagu dan 5.800 anggota komunitas musik dan menggandeng Republik Cinta Management sebagai produser untuk merilis album tunggal pemenang festival grup musik Delv dari Yogyakarta dan mini album untuk band Baby Eats Crackers.(*)
(T.KR-RY/S016/R009)