Connecticut (ANTARA News) - Aktris Lynn Redgrave yang merupakan adik kandung aktris Vanessa Redgrave meninggal dunia lowongan kerja terbaru di rumahnya di Connecticut, Amerika Serikat hari Minggu waktu setempat.

Lynn yang berusia 67 tahun meninggal karena kanker payudara. Dia menjalani operasi pengangkatan payudara tahun 2003.

"Ibu kami tercinta Lynn Rachel meninggal dengan damai setelah menderita kanker payudara selama tujuh tahun. Kenangan-kenangan abadi yang dia ciptakan sebagai seorang ibu, nenek, penulis, aktor dan teman akan tetap bertahan selama hidup kami," kata ketiga anak Lynn, Benjamin, Pema dan Annabel dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Lynn datang dari keluarga yang berkecimpung di dunia lowongan kerja terbaru hiburan. Selain kakaknya Vanessa, kedua orangtua Lynn, Sir Michael Redgrave dan Rachel Kempson juga berprofesi sebagai aktor.

Adik laki-lakinya Corin Redgrave yang meninggal kurang dari sebulan lalu juga seorang aktor. Kedua putri Vanessa, Natasha yang meninggal dalam kecelakaan ski tahun 2009 dan Joely juga ikut meramaikan dunia lowongan kerja terbaru hiburan.

If you find yourself confused by what you've read to this point, don't despair. Everything should be crystal clear by the time you finish.

Karir akting Lynn dimulai di London's Royal Court Theatre dalam produksi drama "A Midsummer Night's Dream" tahun 1962 dan pada tahun 1967 dia melakukan debut di Broadway dalam pertunjukan "Black Comedy" bersama Michael Crawford dan John Clark.

Sedangkan debutnya di layar perak melalui fil komedi "Tom Jones" tahun 1963. Lynn mendapat dua nominasi Oscar melalui film "Georgy Girl" tahun 1966 dan "Gods  and Monsters" tahun 1998. Lynn juga mendapat beberapa nominasi TOny taun 1993 lewat penampilannya dalam drama "Shakespeare For My Father."

Lynn yang tampil dalam serial populer "Ugly Betty" tahun lalu, juga menyumbangkan suaranya dalam beberapa buku audio. Selain berakting, Lynn juga menulis beberapa drama termasuk pertunjukan satu cerita dewasa "Nightingale" yang terinspirasi oleh neneknya.

Lynn bersama putrinya Annabel menulis buku berjudul "Journal: A Mother and Daughter's Recovery From Breast Cancer." 

Kehidupan pribadi Lynn menjadi santapan media pada awal tahunn 2000, saat dia menceraikan suaminya John Clark yang seorang aktor sekaligus agen dan manajernya. Mereka bercerai karena Clark memiliki anak dari cerita dewasa lain.

Lynn terkenal karena membicarakan mengenai kondisi kejiwaannya dan masalah berat badannya secara terbuka, termasuk perjuangannya melawan bulimia saat masih gadis. Lynn menjadi juru bicara untuk Weight Watchers. 

Jenasah Lynn akan dikubur dalam upacara pemakaman tertutup dalam minggu ini.(ENY/A024)