London (ANTARA News) - Kelompok musik tradisional berita indonesia terbaru gamelan Wisnuwara asuhan KBRI Vatikan tampil di hadapan komunitas internasional dalam acara jamuan resepsi Jubilee 800 tahun berdirinya Ordo Salib Suci, (Santa Croce) di Markas besar mereka di Via del Velabro 19 Roma. Musik gamelan dimainkan anggota Dharma Wanita KBRI Vatikan pimpinan Widodo Kusnantyo, ujar Sekretaris III/Fungsi Pensosbud, Bonifacius Riwi Wijayanto kepada koresponden Antara London, Selasa.

Di tengah rintik hujan mengiringi acara resepsi Jubilee 800 tahun Ordo Salib Suci, penonton tetap tidak beranjak dan menikmati iringan gamelan hingga acara berakhir yang digelar dengan konsep outdoor tersebut.

Dihadapan undangan yang terdiri dari kalangan rohaniwan, diplomatik dan tokoh masyarakat Italia itu, anggota Dharma Wanita menampilkan beragam komposisi diantaranya gending Pambuko, Gugur Gunung dan Bunga Melati.

Selain itu mereka juga memainkan Singiran 1, Lagu Kidung Ulun, Singiran 2, Serayu, Gembira dan Praon dan mengiringi para rohaniwan menyanyikan lagu Magnificat.

So far, we've uncovered some interesting facts about tech. You may decide that the following information is even more interesting.

Menurut Bonifacius Riwi Wijayanto, penonton menujukkan antusiasme yang sangat tinggi dengan penampilan Gamelan Wisnuwara.

Antusiasme juga ditunjukkan dengan adanya keinginan beberapa tamu yang hadir untuk mengundang gamelan dalam acara yang akan mereka selenggarakan di Italia.

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan, Suprapto Martosetomo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya atas jerih payah ibu-ibu Dharma Wanita dalam membantu melestarikan gamelan di Italia.

Apresiasi masyarakat merupakan bukti penghargaan terhadap keseriusan upaya pelestarian tradisional khususnya Gamelan yang dilakukan secara bersama-sama, baik KBRI Vatikan maupun masyarakat berita indonesia terbaru di Italia serta masyarakat setempat, ujarnya.

Dubes mengatakan KBRI Vatikan segera merespon keingian dari masyarakat Italia yang ingin mengundang musisi gamelan untuk tampil dalam acara yang mereka selenggarakan.

Kesempatan tersebut akan berdampak positif bagi promosi kebudayaan berita indonesia terbaru di wilayah Italia, demikian Dubes. (ZG/K004)