Surabaya (ANTARA News) - Foto Kampung China (Petjinan), Kampung Arab, Pasar Wonokromo, Pasar Turi, Pasar Pabean, dan bangunan kuno lain di Surabaya era tahun 1900-1930 turut menyemarakkan pameran "All About Surabaya" yang digelar "Surabaya Memory", Rabu. Pameran yang digelar di Surabaya mulai 12 hingga16 Mei itu untuk memperingati HUT ke-717 Kota Surabaya yang dirayakan setiap Mei. Pameran tersebut juga menampilkan foto Tugu Pahlawan, Gedung Internatio, Pintu Air Jagir, Hotel Mojopahit, dan Jembatan Petekan.

Ada pula sketsa kehidupan warga kota, di antaranya bonek, Dolly yang berawal dari 228 pekerja seks komersil (PSK) di Perak pada tahun 1864 dan kini di Putat Jaya sebanyak 8.440 PSK terdaftar dan 3.998 PSK tak terdaftar, pemulung, "polisi cepek", wayang potehi, dan sebagainya.

"Apa yang kami sajikan dalam `All About Surabaya` itu merupakan kado kami untuk Surabaya," kata Ketua Panitia Dies Natalis ke-43 Jurusan Arsitektur Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Ir Maria Hidayatun MA.

Menurut dosen Jurusan Arsitektur UK Petra Surabaya itu, pameran yang juga digelar untuk memperingati Dies Natalis Jurusan Arsitektur UK Petra Surabaya itu hanya berupa dokumentasi dalam bentuk foto, gambar, desain, sketsa, dan maket.

"Pameran itu merupakan bukti cinta kami kepada Surabaya, karena itu pengunjung akan memasuki `pintu` pameran dengan sajian Surabaya tempo dulu, lalu foto-foto bangunan kuno Surabaya saat ini, karya-karya anak SMA, dan batik," katanya.

If your tech facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important tech information slip by you.

Senada dengan itu, penggagas "Surabaya Memory" Aditya Nugraha mengatakan pameran menyajikan 50 foto tentang Surabaya tempo dulu (1900-1930) dan 22 foto "Petjinan."

"Ada pula 33 foto `Spirit of Architecture` yang merupakan foto dari Lomba Fotografi `Geest van de Architecture`, tujuh pigura interior bangunan kuno Surabaya, dan sebagainya," katanya.

Menurut Aditya yang juga Kepala Perpustakaan UK Petra Surabaya itu, pameran tentang Surabaya itu bekerja sama dengan Badan Arsip dan Perputakaan Daerah Jawa Timur, Komunitas Jejak Petjinan, dan Komunitas Batik Surabaya (KiBaS).

"Pameran juga menampilkan karya-karya unik tentang Surabaya, seperti Heroes of Surabaya (Personal Branding Tokoh Masyarakat Surabaya), dan Peta Wisata Surabaya," katanya.

Selain itu, ada pula Komunitas Batik Surabaya (KiBaS), Patra Surabaya, Karya Seni Instalasi di Kota Impian Surabaya (Lomba Komposisi Bentuk Kreatif 2010), Peta Hijau Surabaya, dan Desain "Transportable Children Playhouse (Tempat Bermain Anak yang Dapat Dipindah-pindah).

"Tapi, kami tidak hanya menggelar pameran foto, sebab ada juga `Heritage Walk` yang bertemakan `Tour de Kampoengs` (jalan-jalan keliling kampung lama) di Surabaya yang akan digelar pada 28 Mei informasi beasiswa gratis 2010 dengan titik awal dari kampus UK Petra Surabaya pada pukul 07.00 WIB," katanya.

(T.E011/R009)