Pekalongan (ANTARA News) - Widaningsri Soesilo Soedarman, istri mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Kabinet Pembangunan V menyumbangkan 19 koleksi kain batik ke Museum Batik Nasional Pekalongan, Jawa tengah. "Sumbangan kain batik ini kami persembahkan untuk Museum Batik Nasional guna menambah koleksi kain batik di museum itu," kata Widaningsri di Pekalongan, Sabtu.

Ia mengatakan kegembiraannya bisa menyumbangkan kain batik ke Museum Batik Nasional Pekalongan yang mulai dikenal oleh masyarakat internasional.

"Sebelumnya, berita indonesia terbaru dikenal masyarakat internasional karena memiliki Pulau Bali. Kini, dengan kepopuleran kain batik, Kota Pekalongan mulai dikenal masyarakat internasional," katanya.

Knowledge can give you a real advantage. To make sure you're fully informed about tech, keep reading.

Menurut dia, kain batik yang disumbangkan ke Museum Batik Nasional Pekalongan itu terdiri berbagai motif dan corak, di antaranya Wahyu Temurun, Udan Rilis, Sido Asih, Lereng Ceplokan Trenggiling, Babon Angrem, dan Semen Romeo Bledug.

"Kain batik dengan motif dan corak tersebut, masing-masing memiliki makna dan filosofinya, sehingga kami berharap kain batik di Museum Batik Nasional Pekalongan dapat terus dilestarikan," katanya.

Ia mengatakan saat ini koleksi kain batik yang dimilikinya jumlahnya puluhan kain, dan masih tersimpan di rumahnya.

"Mungkin dalam kesempatan lain kami akan menyumbangkan kain batik lagi, sehingga bisa ikut memopulerkan kain batik di kalangan masyarakat nasional maupun internasional," katanya. (*)

(U.KR-KTD/M008/R009)