Makassar (ANTARA News) - LSM Bursa Pengetahuan Kawan Timur Indonesia (BaKTI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar akan menggelar pameran foto bertajuk "Dinamika Indonesia Semangat dari Timur", 29-30 November. Ketua panitia, Yusuf Ahmad di Makassar, Kamis, mengatakan, pameran yang berlangsung di Exebition Hall Bandara Internasional Sultan Hasanuddin itu akan menampilkan 50 foto karya para fotografer profesional maupun pemula se-Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Foto-foto berasal dari fotografer di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua, yang menunjukkan semangat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan," ujarnya.

Ia menambahkan, pameran akan dibuka Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin dan rencananya dihadiri GM PT (Persero) Angkasa Pura I Rusli Amrin serta Kepala Kantor Administrator Bandar Udara Sultan Hasanuddin, M Sidabutar.

Hopefully the information presented so far has been applicable. You might also want to consider the following:

Tujuan utama pameran foto, kata dia, untuk mencoba menampilkan semangat masyarakat KTI yang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan.

Ini merupakan sebuah upaya untuk mengembalikan citra positif masyarakat KTI yang sempat terpuruk akibat adanya konflik sosial, ketimpangan pembangunan, dan bencana alam.

Menurut Yusuf, pameran foto ini ingin menunjukkan bahwa masyarakat KTI yang hidup dengan panorama alam yang eksotik menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya dalam bingkai fotografi namun sebagai investasi penting bagi pembangunan KTI.

"Acara ini bersifat non-komersial. Mensosialisasikan fotografi sebagai ekspresi jiwa sekaligus memandang Kawasan Timur Indonesia dari sisi yang positif," ujarnya.(*)