Makassar (ANTARA News) - Pameran yang menggambarkan "suara rakyat suara Tuhan" yang digelar Perum LKBN ANTARA, hingga hari ke-5 masa pameran telah menyedot perhatian ratusan pengunjung Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar. "Sejak pembukaan pameran 20 November 2009 hingga hari ini, pengunjung MaRI umumnya menyempatkan diri menyaksikan foto-foto tentang proses demokrasi di Indonesia," kata salah seorang penjaga place pameran foto LKBN ANTARA, Adnan di Makassar, Selasa.

Menurut dia, dari sekitar 40 foto yang dipajang di atrium MaRI lantai dasar, perhatian pengunjung selain pada foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, juga tertuju pada foto-foto yang tergolong unik dan memiliki nuansa tersendiri.

Foto yang termasuk unik itu diantaranya adalah foto karya Prasetyo Utomo yang menggambarkan Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Legislatif 2009 di TPS Ubikosi, Wamena, Jayawijaya, Papua.

If your tech facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important tech information slip by you.

Selain itu, foto karya Widodo S Jusuf mengenai maskot Pemilu "Si Pena" menyebarkan pamflet sosialisasi Pilpres 2009 di Kawasan Jatinegara, Jakarta.

"Kami senang menikmati sisi-sisi lain dari proses demokrasi langsung yang terjadi dua kali pada 2009," kata salah seorang pengunjung, Kurniawan yang juga adalah mahasiswa Institut Kesenian Makassar.

Pameran foto yang digelar 20 - 27 November 2009 merupakan salah satu program dari roadshow (safari) jajaran Perum LKBN ANTARA di Kota Makassar. Selain itu, juga digelar kuliah umum dan workshop jurnalistik serta fotografi yang dipusatkan di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar.

Safari yang digelar di kota yang berjulukan "Anging Mammiri" ini adalah kota keempat yang dikunjungi setelah acara serupa digelar di tiga kota lainnya yakni Jakarta, Surabaya dan Medan.

Sedang dua kota lainnya yang juga menggelar kegiatan serupa adalah Denpasar dan Yogyakarta. Kegiatan safari di enam kota besar ini dalam rangka memperingati HUT ANTARA ke-72 yang jatuh pada 13 Desember 2009.(*)