Jakarta (ANTARA News) - Sedikitnya empat kader Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) akan memperebutkan kursi ketua umum organisasi sayap PDIP, yang kini dijabat oleh Budiman Sujadmiko, pada kongres organisasi 14-15 Januari 2010. "Calon itu antara lain adalah Firman Tendry, Masington Pasaribu, Mixilmina Munir dan Hadi Ciptono," kata Ketua Panitia Pelaksana Monang Tambunan di Jakarta, Kamis.

Namun demikian, kata Monang, banyak pula arus bawah yang tetap menginginkan agar Budiman tetap maju sebagai calon ketua umum.

Monang mengatakan salah satu syarat calon ketua umum adalah tiga tahun menjadi pengurus, namun hal itu masih bisa diubah pada saat kongres tersebut.

"Tergantung DPD, apakah membuka calon dari luar. Terserah peserta kongres," katanya.

Sementara itu Budiman mengatakan, akan mentradisikan menjadi ketua umum Repdem hanya satu periode. Tetapi Budiman akan tetap berupaya membantu sekuat tenaga agar ketua umum dan sekjen terpilih bisa menjalankan amanat kongres dan partai.

Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

Mengenai agenda kongres yang akan diselenggarakan di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Budiman yang juga menjadi Penanggung Jawab Kongres mengatakan, kongres antara lain akan merumuskan program organisasi ke depan serta struktur hubungan dengan PDIP.

Ia juga mengatakan, kepengurusan baru Repdem harus mencintai dan dicintai oleh rakyat. Repdem, katanya, jangan terjebak dalam politik cinta dan benci.

Budiman mengatakan saat ini hubungan politik seolah-olah hanya hubungan cinta dan benci antara para elitnya. "Padahal ada politik yang mulia yakni dicintai dan mencitai rakyat. Repdem harus seperti itu," katanya.

Budiman mengingatkan semangat organisasi untuk menampung aspirasi dan juga melakukan advokasi terhadap masyarakat.

Sementera itu, Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah menambahkan, sebagai salah satu organisasi sayap PDIP, Kongres Repdem diharapkan dapat melahirkan gagasan dan program konkrit untuk membangun partai ke depan. Repdem harus mampu merumuskan grand strategi dalam menentukan segmen strategis bangsa untuk direkrut menjadi bagian partai dalam mencapai tujuan perjuangan.


(T.U002/S019/R009)