Jambi (ANTARA News) - Orangutan akan menghuni Taman Rimba Jambi pada 2011, karena pengelola kebun binatang itu mendatangkannya dari Sawah Lunto, Provinsi Sumatera Barat. Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jambi, Hanif Lubis, di Jambi Selasa mengatakan, kebun binatang Taman Rimba yang terletak berdekatan dengan bandara Sultan Taha Jambi, akan menambah penghuni orangutan.

"Kebun binatang Taman Rimba yang kini dihuni sekitar 180 binatang dari berbagai jenis seperti ular, buaya, gajah, harimau, monyet serta berbagai jenis burung, pada 2011 akan ditambah dengan orangutan," katanya.

Dinas Peternakan lewat APBD Provinsi Jambi sudah menganggarkan dana sebesar Rp400 juta untuk pembangunan kandangnya.

Ia menyebutkan, kandang untuk orang hutan itu didisain khusus semi alam bebas seperti di hutan, atau tidak dikerangkeng atau dikandangkan seperti monyet.

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Hanif Lubis mengatakan, untuk tahap awal akan didatangkan satu ekor, dan secara bertahap akan ditambah secara berpasangan agar dapat berkembang biak seperti di kebun binatang Bukit Tinggi.

Kebun binatang Taman Rimba yang berda di pusat Kota Jambi itu diharapkan ke depen pengelolaanya lebih baik dan bisa diperbanyak jenis binatang penghunya, supaya dapat meningkatkan jumlah pengunjungh.

Pada hari libur dan kebun bunatang Taman Rimba juga menjadi sasaran pengunjung, karena letaknya yang luas dan juga terdapat sejumlah rumah adat kota dan kabupaten di Provinsi Jambi.

Taman Rimba yang bekas lokasi pelaksanaan MTQ Nasional itu, juga sering dijadikan lokasi tempet menggelar berbagai acara, seperti perayaan malam pergantian tahun baru oleh pemerintah Provinsi Jambi.

"Pengelolaan Taman Rimba ke depan juga akan ditingkatkan, supaya bisa menjadi tujuan utama wisatawan dan warga untuk mengisi hari libur mereka," kata Hanif Lubis.

(M037/S026)