Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA)

..kita harus menaruh perhatian lebih pada kebijakan ekonomi dan sosial kita, yaitu tidak hanya terpaku pada pertumbuhan..ini adalah filosofi utama dari pembangunan Indonesia
Davos (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak dunia bekerjasama mengatasi ketidakseimbanganatau ketimpangan ekonomi global dan mempercepat reformasi sektor keuangan serta institusi keuangan internasional. Ajakan ini disampaikan Presiden dalam pidato khusus pada World Economic Forum (WEF) di Congress Hall Kongres Zentrum, Davos, Swiss, Kamis.

"Tentunya, seperti yang telah didiskusikan dalam G20, kita harus bekerjasama untuk mengatasi ketidakseimbangan global.

Juga ada kebutuhan untuk mempercepat kemajuan dalam sektor finansial dan institusi keuangan internasional sebelum krisis mendatang menimpa kita lagi," kata Presiden dalam pidato berbahasa Inggris yang dipandu dua layar teleprompter di kiri dan kanan podium.

Karena itu, menurut Presiden, sangatlah penting bagi negara-negara kelompok G20 untuk mengimplementasikan komitmen yang telah dihasilkan pada pertemuan-pertemuan forum tersebut.

Sebagai solusi untuk menghadapi permasalahan ekonomi global, Presiden Yudhoyono juga menekankan pentingnya jaringan pengaman keuangan global sebagai pertahanan lapis kedua agar dunia dapat mengantisipasi dan kebal dari goncangan ekonomi di masa depan.

Namun, menurutnya, cara paling ampuh dan eharusnya dilakukan setiap negara di dunia adalah mengembangkan sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif seperti diterapkan Indonesia lewat rencana pembangunan jangka panjang.

"Ini berarti kita harus menaruh perhatian lebih pada kebijakan ekonomi dan sosial kita, yaitu tidak hanya terpaku pada pertumbuhan tetapi bagaimana mencapai pertumbuhan dengan pemerataan yang bisa mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Ini adalah filosofi utama dari pembangunan Indonesia," paparnya.

The best time to learn about mobil keluarga ideal terbaik indonesia is before you're in the thick of things. Wise readers will keep reading to earn some valuable mobil keluarga ideal terbaik indonesia experience while it's still free.

Karena itu, lanjut Presiden, tujuan pembangunan Indonesia itu hanya bisa berhasil melalui penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan tanpa toleransi terhadap korupsi.

Dalam pidato berdurasi sekitar 15 menit itu, Presien juga menyampaikan perubahan konstelasi dunia saat ini dengan tumbuhnya pusat kekuatan ekonomi baru di kawasan Asia.

Menurutnya, Asia yang saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi cepat dan kuat tidak hanya meliputi China, India, dan Jepang, tetapi juga mencakup Indonesia.

"Ketika memikirkan Asia, juga pikirkan Indonesia dan ASEAN. Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, terbesar ekonominya di Asia Tenggara, area kunci pertumbuhan ekonomi dunia, dan segera kami akan menjadi tenaga kerja paling produktif di Asia. Indonesia akan berperan utama dalam kebangkitan Asia," kata Presiden.

Yudhoyono juga mengingatkan pentingnya kerjasama regional untuk menyelesaikan berbagai masalah ekonomi di kawasan masing-masing sekaligus berperan sebagai blok pertumbuhan ekonomi dunia.

Presiden Yudhoyono juga menekankan pentingnya kerjasama global pada abad 21 yang mengutamakan kerjasama saling menguntungkan melalui kekuatan hubungan diplomatik dan persahabatan.

Presiden Yudhoyono berpidato pada Forum WEF tanpa diikuti sesi tanya jawab. Setelah Presiden Yudhoyono, giliran Presiden Prancis Nikolas Sarkozy yang berbicara di podium dengan sesi tanya jawab yang dipandu Chief Executive Officer WEF Klaus Schwab.(*)

D013/R018

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com