Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setuju dan menyukai prinsip pragmatisme dalam bidang ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip kebangsaan Indonesia. "Kita dianjurkan untuk pragmatis. Saya suka pragmatisme," kata presiden saat membuka perdagangan saham perdana di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin.

Presiden Yudhoyono menjelaskan, pragmatisme dalam bidang ekonomi adalah salah satu ciri dari sebuah negara yang adaptif. Suatu negara harus adaptif terhadap perkembangan ekonomi global untuk meningkatkan kesejahteraan warga negaranya.

Menurut Kepala Negara, Indonesia harus semakin terbuka dan cerdas dalam menyikapi perkembangan perekonomian dunia.

Prinsip pragmatisme harus dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Prinsip itu, kata Yudhoyono, juga harus dilakukan dalam kebijakan-kebijakan yang benar dan etis.

"Pragmatisme dengan prinsip. Pragmatisme yang memberikan manfaat untuk semua," katanya.

Presiden meminta masyarakat untuk tidak terjebak dalam perdebatan dan retorika tentang ideologi dalam ekonomi. Menurut presiden, perdebatan tentang kelebihan dan kelemahan ideologi ekonomi tertentu hanya akan menggangu pembangunan.

It seems like new information is discovered about something every day. And the topic of mobil keluarga ideal terbaik indonesia is no exception. Keep reading to get more fresh news about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

"Jangan sampai terganggu dengan retorika ideologi," kata presiden.

Presiden menargetkan Indonesia menjadi kekuatan baru di dunia pada 2025. "Visi Indonesia 2025, kita ingin menjadi `emerging nation," kata Presiden Yudhoyono.

Presiden meminta semua warga negara Indonesia saling bekerja sama, sehingga Indonesia bisa mencapai target dalam waktu 15 tahun.

"Dalam waktu 15 tahun, kita berharap bisa mencapai tingkat kemakmuran dan kesejahteraan yang jauh lebih baik daripada sekarang," ujarnya.

Presiden berharap, usaha untuk mencapai target 15 tahun itu dilakukan dengan berbuat yang terbaik setiap tahunnya.

Untuk itu, Yudhoyono berharap semua elemen masyarakat bersama-sama mewujudkan target untuk 2011, antara lain pertumbuhan ekonomi 6,4 persen, penurunan pengangguran hingga 7 persen, dan pengurangan penyandang kemiskinan hingga 11,5 persen.

Menurut Yudhoyono, Indonesia adalah negara besar. Oleh karena itu, pembangunan Indonesia juga harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan.
(ANT/A024)