Abidjan (ANTARA News) - Pasukan orang kuat Pantai Gading Laurent Gbagbo menutup akses ke markas besar pesaingnya dalam pemilihan presiden, Rabu, setelah ia berjanji akan segera mencabut pengepungan tiga minggu itu, kata seorang wartawan AFP. Rintangan jalan Pasukan Keamanan dan Pertahanan (FDS) yang menutup akses ke Hotel Golf tempat Alassane Ouattara dan kelompoknya dikepung sejak aksi kekerasan muncul setelah pemilihan presiden November lalu yang disengketakan masih tetap berada di lokasi itu pada pukul 10:00 GMT (17:00 WIB).

Pasukan keamanan di satu perintang jalan mengemukakan kepada wartawan AFP bahwa akses ke lokasi itu "ditutup".

How can you put a limit on learning more? The next section may contain that one little bit of wisdom that changes everything.

Kompleks hotel itu dijaga sekitar 800 tentara perdamaian PBB serta mantan pemberontak yang mendukung Ouattara sejak pasukan Gbagbo menembak para pendukung dia hingga tewas ketika mereka bergerak menuju stasiun televisi pemerintah 16 Desember.

Para pemimpin Afrika yang berusaha menengahi untuk mengakhiri krisis itu, setelah sehari melakukan usaha diplomasi di Abidjan, Selasa mengatakan bahwa Gbagbo berjanji akan mencabut blokade-blokade terhadap Ouattara, yang para pemimpin dunia akui sebagai pemenang dalam pemilihan presiden melawan Gbagbo.

Penengah Uni Afrika, Perdana Menteri Kenya Raila Odinga dalam satu pernyataan, Rabu mengatakan bahwa "Gbagbo menepati janji-janjinya menyangkut blokade itu yang ia cabut sekitar Selasa tengah hari." (*)

AFP/H-RN/M014