Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. (FOTO.ANTARA)

Padang (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan surat keputusan bersama (SKB) tiga Menteri tentang Ahmadiyah tidak akan dicabut sampai ada keputusan yang bersifat permanen. "Saat ini SKB tiga Menteri merupakan jalan terbaik bagi penyelesaian persoalan Ahamdiyah, dan kalau dicabut akan terjadi kekosongan rujukan hukum," kata Gamawan Fauzi di Padang, Jumat usai menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Padang.

Dikatakannya, SKB tiga Menteri tentang Ahmadiyahmerupakan produk hukum yang telah berlaku sejak ditetapkan pada tahun 2008.

"Ke depan, pada 22 Maret 2011, pemerintah akan menggelar dialog nasional Agama Islam yang membahas Ahmadiyah guna mencarikan solusi.

"Hal ini dalam rangka menindaklanjuti perintah Presiden kepada Menteri Dalam Negri, Menteri Agama dan Kejaksaaan untuk mencari solusi permanen terhadap persoalan Ahmadiyah," katanya.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda sudah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Terkait dengan adanya tuntutan pembubaran organisasi masyarakat (ormas) yang dinilai anarkis, Gamawan mengatakan perlu dilakukan evaluasi.

"Membubarkan ormas yang diduga anarkis tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa ada bukti karena ini terkait persoalan hukum," kata dia.

Menurut dia, harus ada tiga tahapan yang mesti dilalui untuk bisa membubarkan ormas tersebut yang didahului dengan memberikan peringatan. (AH/KWR/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com