ilustrasi (ANTARA/YUSRAN UCCANG)

Jakarta (ANTARA news) - Wakil Presiden Boediono menjamin bahwa pemerintah akan memprioritaskan pengadaan gas bagi industri dalam negeri asalkan mereka juga bersedia membeli dengan harga pasar atau tidak meminta potongan harga. "Pemerintah berniat untuk memenuhi permintaan gas industri dalam negeri tapi mereka harus membeli dengan harga pasar," kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Penjelasan itu disampaikan Yopie usai mendampingi Wakil Presiden Boediono menerima Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi Achmad Saifun dan sejumlah pengurus forum tersebut.

Dikatakannya, dalam pertemuan tersebut para industriawan meminta pemerintah memberikan jaminan pasokan gas yang akan digunakan untuk mengolah berbagai keperluan industri.

Dalam pertemuan itu, kata Yopie, Wapres bisa memahami keinginan para industriawan nasional tersebut dan menjanjikan akan memberikan jaminan pasokan gas kepada mereka.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan membaca sedikit lebih, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

Pemerintah sendiri, katanya lebih lanjut, sudah memiliki sarana infrastruktur berupa tempat penyimpanan gas terapung (floating storage) di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Sumatera Utara.

"Keberadaan `foalting storage` tersebut diharapkan bisa memudahkan pengguna memperoleh gas," kata Yopie.

Masalah yang dihadapi para pengusaha nasional adalah tidak ada kepastian pasokan gas sehingga mengganggu produksi.

Terkait dengan kemungkinan diperbaharuinya kontrak pembelian gas oleh negara asing, Yopie menegaskan bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan karena apabila dilanggar akan dikenai tindakan pelanggaran.(*)
(T.A025/N002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com