Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Dukungan terhadap Partai Gerindra kini semakin membesar, setelah Partai Bintang Reformasi (PBR) secara resmi menyatakan bergabung dalam Gerindra, kini giliran ratusan advokat dan paralegal akan bergabung dalam Gerindra, kata Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman. Dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, Habiburokhman yang akrab disapa Habib itu mengatakan, dukungan para advokat tersebut diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional Serikat Pengacara Rakyat (SPR) di Jakarta pada (18/2). Para Advokat dan Paralegal yang tergabung dalam SPR yang tersebar di 33 Propinsi di Indonesia siap ke Partai Gerindra.

"Saat ini anggota SPR di seluruh Indonesia jumlahnya adalah 973 orang dan telah sepakat untuk bergabung dengan Gerindra. Selain anggota SPR banyak advokat dan paralegal lain yang selama ini banyak melakukan advokasi gerakan rakyat juga akan bergabung dengan Gerindra," katanya.

Habib mengharapkan, para advokat tersebut sudah teregistrasi sebagai anggota Partai Gerindra sebelum pertengahan 2011. "Gerindra dipilih sebagai tempat penyaluran aspirasi para Advokat karena partai tersebut adalah partai yang paling keras dan konsisten menolak sistem ekonomi, politik dan hukum yang tidak adil," ujar Habib yang juga advokat yang anggota SPR itu.

Aktivis 1998 dari Lampung itu menjelaskan, salah satu alasan bergabungnya para advokat dan paralegal tersebut masuk ke Gerindra adalah karena perjuangan hanya melalui jalur hukum untuk membela rakyat tidak akan pernah selesai, tanpa selesainya persoalan politik sistemik yang selama ini melilit bangsa Indonesia.

"Contoh adalah persoalan pekerja kontrak (outsourcing) perburuhan yang sangat banyak terjadi. Hubungan kerja outsourching adalah hubungan kerja yang sangat tidak manusiawi namun justru dilegalkan. Penghapusan hubungan kerja outsourcing tidak akan pernah bisa dilakukan melalui proses hukum semata, tetapi  harus melalui perjuangan politik," katanya.

It seems like new information is discovered about something every day. And the topic of mobil keluarga ideal terbaik indonesia is no exception. Keep reading to get more fresh news about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

Menurut dia, pelanggaran hak hukum rakyat hanyalah buah dari sistem ekonomi politik "neoliberal" yang hanya memperkaya segelintir orang dan membuat mayoritas masyarakat terjerat kemiskinan tanpa adanya harapan perbaikan nasib, untuk menghapuskannya tak cukup dengan jalur hukum.

Oleh karena itu, Gerindra menyambut baik niat para advokat dan paralegal untuk bergabung dalam Gerindra yang diharapkan langkah itu bisa memaksimalkan kemampuan advokasinya dalam membantu menyelesaikan persoalan hukum rakyat di basis-basis Gerindra, seperti buruh, nelayan, petani yang sering menjadi korban ketidak-adilan hukum.

Habib menambahkan, selama ini Gerindra memang kerap membantu rakyat kecil yang mengalami ketidakadilan hukum seperti menolak pengenaan pajak terhadap warteg di Jakarta, membantu buruh-buruh yang di PHK massal di Banten sampai membantu petani plasma yang terlantar di Kalimantan Barat.

Selain itu, para advokat yang rata-rata berusia muda tersebut akan dimaksimalkan dalam struktur Tim Advokasi Partai Gerindra dalam pelaksanaan Pemilukada dan Pemilu 2014.(*)
(R009/K004)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com